Amunisi Ngegambar Manual Ala Citra

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Kali ini saya mau mengupas sedikit tentang hobby ngegambar. Saya suka sekali menggambar meski belum banyak yang bisa diperlihatkan. Di blog saya yang terdahulu cukup sering membuat komik dan ilustrasi gambar personal di tiap tulisan, seneng aja gitu memberikan sentuhan pribadi pada karya. Namun sayang banget saya sudah lama gak pernah bebikinan lagi.

Sampai suatu ketika saya buat akun ig karena pengen ngefollow illutrator favorit, lalu di ig pula saya tahu kalo di Indonesia banyak banget komikus dan ilustrator kece yang ternyata masih muda belia. Komik mereka selain kualitasnya bagus dari segi gambar dan cerita tapi juga sangat menghibur, macem macem aliran pokoknya ada. Dari situ saya kepengen balik ngegambar lagi, dari situ hasrat gambar menunas lagi (apa itu menunas? –> me+tunas, tunas = tukul, tukul = muncul, menunas = memuncul = muncul *aaarrghhh penjelasan gak penting  bangeeettt XD )

Bisa dibilang saya seneng gambar dari kecil, etapi jangan dikira ya level gambarnya uda kelas advance XD , dari negara api belum di bakar sampai intersellar mau syuting di neraka tetep aja skill saya segini aje…huks. Baik gambar manual atopun digital dua duanya saya suka. Nah, kita bahas gambar manual dulu yap


G A M B A R M A N U A L


Gambar manual di jurusan kuliah saya hukumnya wajib, mau jelek ato bagus kalo mau masuk jurusan ini maka kamu wajib bisa gambar manual. Yap, di jurusan Arsitek itu gambar wajib menjadi prasarat tersendiri untuk mendukung skill dan produk yang kamu hasilkan, minimal banget untuk sketsa ide. Namun agaknya syarat ini udah agak melunak karena sekarang banyak dibantu sama perangkat lunak, kurang greget jane tapiii… ahsyudahlah :mrgreen:

Saya juga senang sekali bikin sketsa, sampai sampai blog saya terdahulu  diberi nama Sketsa Citra tapi sayang saya kehilangan nama itu gegara salah prosedur T.T *duh,masih baper*. Dulu hobi nenteng pencil+dw+buku sketsa handmade trus hunting sketsa sekeliling kota sendiri, pokoknya kemana mana bawa tu amunisi, wajib!. Nah, di jurusan Arsitektur juga wajib hukumnya ada club sketsa, ato jika kamu kamu enggak di jurusan Arsitektur kamu bisa gabung secara mandiri di komunitas yang ada di sekitarmu, insyaalloh berfaedah dan dapat ilmu :mrgreen: , kalo saya sendiri yang terdekat suka ngintip Indonesian Sketcher Chapter Solo.

Nih saya beritahu seperangkat alat sholat amunisi gambar manual yang saya gunakan, maaf ya belum ada gambarnya *soon menyusul insyaalloh* :

  1. Kertas ( Bisa kertas apa aja, saya biasanya HVS cukup, buat oret oret HVS yang tipis trus buat agak bagusan HVS yang 80gr. Nah kalo mulai ada pesanan biasanya pake kertas canson ato linen, ohya buku sketsa handmade saya bikin dari HVS 80 gr yang dibagi jadi dua trus  dipasang spiral )
  2. Pensil. Pensil terdiri yang mekanik dan pensil raut, yang mekanik ada dua macam yakni dengan refil kecil dan refil yang sebesar isi pensil biasa. Pensil raut aku punya yang 2B dan pensil sketch 9B
  3. Drawing Pen (DW), saya punya dari yang 01, 02, 03, 05, 07 dan 08. DW ini juga wajib di jurusan Arsitektur, biasanya angka kecil untuk detail sementara angka besar untuk outline.
  4. Pensil Warna. Pensil warna yang aku punya Faber Castel, itu lho yang bisa pake kuas+air untuk efek water color. Pensil warna ini aweet banget dari pertama beli jaman kuliah dulu dan sudah sangat jarang saya pake
  5. Spidol dan Marker. Spidol dengan merk Faber Castel yang gampang mblobor ituu XD sama Marker merk Sakura Koi. Spidolnya not recommended tapi terlanjur punya, jadinya buat bikin yang iseng iseng sahajaa. Marker Sakura Koi ehm… sampe detik ini saya baru ingat kalo pernah beli marker ini tahun kemaren dan saya lupa kalo punya 🙄 , cuma 3 biji sih tapi tetep belum bisa kasih review.
  6. Aquarelle Sakura Koi yeaayy….ini kaporit banget, eh favorit maksudnya. ini aquarell kedua yang pernah saya coba dari merk yang lain dan langsung jatuh cinta sama kemantapan polesannya *kyaaaaaa . Masih paling de bes di kelasnya kalo menurut saya mah, liat sendiri duwoong harganya..haha.
  7. Penggembira ( rautan, kuas, setip, penggaris buat motong kertas bukan buat nggaris XD, etc..etc)

Yupp, cuma dikit yang bisa saya share, maunya sih bisa kasih review juga tapi insyaalloh nanti kalo sudah cukup kompeten nyoba berbagai merk yapp. Ini pun ditulis sama orang yang hobinya cuma amatiran, belum yang pro jadi mohon dimaklumi :mrgreen:

Btw, ini hasil gambar manual terbaru saya

12328233_983415455083359_1314508995_n

Terimakasih atas perhatiannya, baca ulasan tentang gambar digitalnya di  Software Gambar Digital Ala Citra ya

❤ cwh

