Software Gambar Digital Ala Citra

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Oke setelah menulis tentang Amunisi Ngegambar Ala Citra, sekarang waktunya mengupas serba serbi gambar digital yang selama ini saya pakai. Mungkin banyak temen saya yang menganggap saya sudah exspert dan lihai memainkan berbagai perangkat lunak, wellabsolutely they wrong XD

Eh tapi beneran lho, saya tipe orang yang cukup konservatif jadi kalo sudah merasa nyaman dengan sesuatu cenderung mempertahankan cara itu. Trus akibat negatifnya adalah saya males “upgrade“skill dan software, bertahan dengan cara dan software  yang itu itu mulu, bisa dibilang saya kurang gregetlah kalo masalah update perangkat. Karena itu pulalah saya cenderung kurang berkembang. Jika begini terus kapan Hayati akan berubah Bang…*puk puk Hayati* :mrgreen:

Yaudah yuk daripada panjang lebar jadi kurang jelas, langsung saja kita simak software apa saja yang pernah saya gunakan:

  • Corel Draw, Pertama kenal dunia gambar digital sejak melihat hasil gambar kartun muslimah Mb Ita (mba kost) yang pake Corel Draw, dari situ saya tertarik dan minta diajari kemudian berimprovisasi menurut versi saya sendiri . Lalu selama kuliah saya lumayan aktif bergabung Bidang Media di UKM kampus, di sana pula skill saya mulai terasah meski belum banyak. Lambat laun saya benar benar menemukan chemistry pada Corel Draw, tapi tetap saja kurang karena saya belum tahu dan menguasai fitur yang lain kecuali untuk membentuk obyek XD, padahal andai saya serius mengeksplore pasti bakal fascinating syekaleee

 

  • Then, perkenalan saya selanjutnya adalah dengan Adobe Photoshop. Awalnya saya mengira Photoshop hanyalah untuk mengedit foto saja sehingga saya kurang tertarik dengan software ini. Kemudian tanpa sengaja saya mengetahui jika ternyata Photoshop memiliki fitur brush yang menyenangkan dan bisa dicustom seperti sapuan kuas *Kyaaaaa… kemana saja saya , oh Photoshop ternyata kamulah yang selama ini saya cari cari *berbinar binar*

 

  • Inkscape. Inkscape ini barengan sama Gimp waktu saya download, saat itu saya lagi semangat semangatnya ngumpulin software gambar yang gratis asyik. Nah karena Gimp saya anggap kurang afdol untuk ngegambar akhirnya saya hempas XD. Untuk Inkscape sendiri lumayan recomended buat pemula, fiturnya lebih sederhana dari pada Corel Draw ,tapi tidak bertahan lama saya pake karena hati sudah terlanjur di bawa Corel Draw,hihiii

 

  • Adobe Illustrator, nah.. kalo ini waiting list banget nunggu saya eksekusi. AI biasanya menjadi software wajib buat illutrator, tuh namanya aja Adobe Illustrator,hihiii. Cuma pernah beberapa kali utak atik tapi bikin adrenaline rush yang cukup asoy… Pokoknya saya harus nakhlukin kamuuu,Titik!! eh Akeh ding… XD

 

Udah sih cuma empat itu, nah dikit toow… :p

Oh iya, saya bebikinan gambar biasanya sama mouse aja dan cuma beberapa kali saya ngerasain gambar pake pen tab wacom (3 kali). Perbedaannya berasa banget sih, tetapi karena saya belum begitu fokus maka pentab belum menjadi sebuah prioritas, meski sebenarnya pentab tetap jadi barang impian sejak dulu, apalagi yang tipe itu tuuhh…jeti jeti bo’! Hahahahaa.

Cukupan ya sharingnya, makasih buat yang mau menyimak, nih salah satu hasil gambar pake mouse di Adobe Photoshop:

 

❤ cwh

