7 Tips Menjadi Blogger yang Menyenangkan

blogger menyenangkan

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Haii, selamat datang…
Saya mau berbagi tips perihal perblog-an, well ini tips masih ala ala saya sendiri ya berdasarkan pengalaman sebagai pembaca, belum termasuk definisi dari para ahli,muehehe..

Oke, sepanjang karir perblogan saya yang tak seberapa ini saya mau berbagi tips mengenai blogger yang menyenangkan (noted: saya sendiri belum praktek sih,wkwkwk). Berikut adalah beberapa hal yang kurang menyenangkan yang saya temui :

1. Tidak Ada Kesesuaian Judul dan Isi

Nah aturan ini penting banget jika blogger enggak mau ngecewain pembacanya,ya khaann??
Sebagai pembaca yang mengklik tulisan berdasarkan judul pasti berasa kecele pas tau isinya gak sesuai, semacam it’s a trap. Bukan sekedar yang link ala ala untuk mengejar seo ya, bukan juga link link spam yang membanjir melainkan konten tulisan itu sendiri.

Kadang judulnya apa isinya apa, misalnya judul Bagaimana Berinvestasi ala Ibu Rumah Tangga, isinya dari awal hingga akhir sekedar penjabaran kesibukan ibu rumah tangga, jatuhnya disarankan untuk ikut seminar dengan judul serupa.

Mungkin sebagai trigger it’s okay ya, tapi ulasan tersebut berkesan review ilmu dari seminar yang diikuti, padahal ilmunya gak ditulis sama sekali,huft. Kalopun ada larangan dari pihak panitia untuk menyebarkan materi kan bisa di kasih tau garis besarnya, gak harus detailnya, cukup 3 dari 10 poin misalnya. Atau judulnya diganti saja “Pengalaman Mengikuti Seminar Investasi Ibu Rumah Tangga”, Minimal judul dan isi haruslah seirama, itu.

2. Too Much Excuse

Terlalu panjang lebar menjelaskan teknis proses penulisan, yang inilah, itulah, sibuk ini dulu, gak sempat itu,de el el.. Sekali dua kali okelah, sealine dua alinea bolehlah…tapi kalo sampe setengah postingan isinya cuma penjelasan teknis gak penting bye bye lah..

Kalopun banyak kendala dalam penyusunan tulisan yang sesuai mau kamu, maka pura puralah hal yang sudah kamu lakukan itu adalah yang terbaik. Sehingga pembaca pun akan ikut menghargai karya kamu yang meski tak sempurna itu, daripada kamu mengeluhkan harusnya begini harusnya begitu tapi akhirnya jadi seperti ini. Bagaimanapun nyawa yang kamu tanamkan dalam tulisan kamu akan terbawa oleh pembaca, jadi meski tak sempurna tetaplah bersemangat maka pembaca akan bersemangat pula.

Haus pengertian, perhatian dan dukungan??Nooo…bukan blogging tempatnya. Terimalah kekurangan kamu dan berdamailah dengan itu. Kecuali jika pembaca kamu hanyalah secret admirer kamu maka curhatanmu adalah satu satunya yang ia tunggu, eaaaaa XD

3. Tidak Ada Informasi

Kecup mesra lah sama blogger blogger kece yang tulisannya selalu memberikan informasi dan wawasan baru. Meskipun tulisan kamu hanya berkutat dimasalah sehari hari maka bolehlah disisipin informasi atau tips dikit dikit tentang yang kamu kerjakan, misalnya cara untuk menghindari kesalahan yang sama. So tulisan kamu kesannya enggak curhatan doang.

Standing Aviation pula kepada blogger yang berlelah lelah mengumpulkan data demi mendukung ulasan dan tulisannya, uwoow banget ini mah. Selain informatif maka blogger yang demikian itu bertanggungjawab, kita yang baca pun jadi merasa cerdas, wkwkwk.
Berilah manfaat pada tulisanmu siapa tau itu menjadi amal jari’ahmu

5. Mengikuti standar tata cara menulis yang baku.

Lhah kok?? Kan bagus ya jika blogger memahami dan menggunakan tata cara menulis baku?
Bagus sih, cuma saya tipe orang yang suka skip-skip baca sesuatu yang kira kira saya paham ini maksudnya apa, soo kebanyakan keseluruhan tulisan tidak akan saya baca, mungkin hanya sekitar 30% saja karena itu adalan inti dari tulisan.

Pendahuluan-isi-kesimpulan, bisa jadi dari sekian itu saya cuma baca kesimpulannya saja karena hampir pasti inti tulisan ada di situ,wkwkw. Kalopun mengikuti standar pendahuluan-isi-kesimpulan maka usahakan gaya bahasa yang kamu gunakan tidak kaku, sehingga orang yang baca tidak berasa baca diktat,hihihii

Penting banget bagi blogger untuk punya gaya bahasa personalnya sendiri sesuai karakternya, so pembaca pun merasa akrab dan dekat. Practice makes perfect, tak mengapa jika awal awal masih kaku nanti lama lama gaya bahasa akan menyesuaikan karaktermu kok.

6. Perihal Infografis atau gambar yang mendukung

Well, untuk yang satu ini saya tidak ada keluhan. Sekedar saran saja jika gambar yang bagus dan otentik sangat menyenangkan untuk pembaca, apalagi jika itu jepretan sendiri dan dengan kualitas yahuud,hihihiiy…

Banyak penyedia foto yang bisa dimanfaatkan blogger untuk ditaruh ditulisannya, tapi plis ya jangan yang ada watermark sutterstock juga kali,hihihii. Masalah jumlah disesuaikan saja dengan tulisannya, misalnya itu memang sebuah ulasan tentang suatu tempat/proses/apalah yang memerlukan gambar yang banyak maka beri aja gambar yg cukup, tapi kalo artikel biasa sih cukup satu saja sebagai featured image.

7. Perilah template dan widget

Males banget sama template blog yang kebanyakan asesories,hihii..ternyata masa alay saya sudah lewat jauh, padahal dulu mah demen XD . Asesories seperti apakah itu, ntah yang seperti apa pokoknya yang bikin distractionlah dari menu utama.

Seneng itu sama blog yang template dan widgetnya to the point, gak ribet nyari en ngorek ngorek ntah itu arsip,link atau komentar :3, sehingga blogger yang beda operator masih mudah menelusuri interaksi. Masang widget secukupnya saja dan menggunakan template yang clean, fresh and friendly. Yang demikian itu bikin nyaman mantengin dan gak capek di mata.

See? Jelaskan ya kalo saya ini blogger yang gak menyenangkan tapi ngasih tips biar jadi menyenangkan? Omdo syekaleee beibeeehh.. XD XD , semacam karsen yang ngasih tau melon tips biar jadi semangka, wkwkw

❤ cwh

Advertisements