Tempat Hunting Bahan Jejahitan Favorit di Solo

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Derasnya arus informasi di era digital sungguh amat membantu emak emak dan gadis gadis kreatif  sekarang ini, hampir semua urusan bisa di selesaikan cuma pake seujung jempol,hihihi. Mulai dari cari ide trus nimbun tutorial trus cari olshop alat bahan trus belanja trus nimbun bahan sampai pengerjaan bisa dilakukan sambil duduk manis pencet pencet layar hape XD.

Etapi buat saya pribadi tidak semua bisa saya lakukan via online guys, beberapa bahan khususnya kain saya lebih suka belanja secara langsung. Soalnya ketika saya menyentuh bahan tersebut saya baru bisa memutusnya baiknya dibuat apa, ini bakal hasilnya kek gimana, modifikasinya pake yang mana, dan proses itu enggak mungkin bisa saya dapat ketika saya belanja online.

Nah, hampir semua bahan yang saya butuhkan bisa saya dapatkan di Solo, kecuali beberapa yang harus mlipir ke Jogja atau yang import dari olshop :mrgreen: . Oke, beberapa hal di bawah ini adalah yang biasa saya cari dan tempat belinya


KAIN


BTC, Beteng Trade Center. Tempat yang satu ini pasti enggak asing lagi buat belanja kain, segala macam kain bisa di dapat di sini mulai dari kain batik, bahan broklat, kanvas, jersey, kaos, sifon, wolfis, katun,sprei, dll. Regulasi motif lebih upadte dan ketersediaan lumayan cepat dibanding tempat yang lain, namun untuk beberapa jenis lebih lamban dari kota besar lain.

Harga bervariatif dari yang sedang hingga mahal sesuai kualitas, jika tidak ingin merugi setidaknya mengerti dahulu harga pasaran di luar BTC dan lakukan tawar menawar. Coba cek toko sebelah dahulu sebelum meneruskan transaksi, karena selisihnya bisa lumayan di kantong, hehe

Pasar Klewer. Nama Klewer telah melegenda sejak masa nenek kakek sayaa sebagai pasar Tradisional Batik di kota Solo, hehe. Pasar Klewer ini tempat kulak favoritnya ibunda saya, karena tak perlu menurunkan harga terlalu jauh ketika menawar, bahkan tanpa menawarpun harga sangat menjangkau. Terlebih beliau sudah belanja dan mempunyai langganan di sini sedari muda, jadi paham betul dah.

Mungkin yang menjadi kekurangan di pasar Klewer adalah setting tempat yang membuat pembeli tidak leluasa memilih maupun nyaman berbelanja. Kurang tahu dengan setting ruang Pasar Klewer yang baru nanti, semoga masih bisa mewadahi dan tetap menjadi tempat kulak orang kecil. Bagaimanapun banyak pedagang kecil baik di dalam maupun di luar kota sangat tergantung dari pasar ini.

Mac Mohan Jl Gatot Subroto. Kain yang dijual di satu toko ini sangat bervariasi mulai dari broklat, satin, batik, jersey, jeans,kanvas, sifon, tile, katun, hingga kain kemeja, bahan celana, jas hingga bahan korden. Harganya pun ada yang sangat murah, sedang dan mahal, namun semua sesuai kualitas. Harganya sepadanlah.

Sami Luwes. Kalo pas ada duit nganggur saya pasti menyempatkan beli bahan barang satu atau dua meter di sini, memang sih bahan tang tersedia terbatas namun sudah cukup menyenangkan untuk proyek pribadi,wkwkwk.

Gardenia. saya sih belum pernah belanja di sini tapi saya penasaran…kata temen yang pernah belanja belum sempat liat liat udah keder duluan, secara baru masuk diliatin mulu ama spgnya, bikin enggak nyaman,hihihii


ALAT dan PELENGKAP


Petra dan Raibow, sama sama berada di Jl Kalilarangan (banyak toko sejenis). (Update: Petra berubah nama dan lokasi menjadi Alona, lokasi pindah di perempatan Singosaren ke selatan -+200m) Menjual berbagai alat dan bahan menjahit/ crafting, mulai dari jarum, benang, flanel, kancing, velcro, spunbon, dakron kiloan, renda, pita, payet, peniti, dll. Untuk masalah kelengkapan jauh lebih lengkap dan menyenangkan di Petra karena menjual pula aneka jilbab, bros dan asesoris. Namun untuk masalah harga sering lebih cocok di Rainbow. Tapi kadang kadang beberapa bahan ada yang lebih murah di Petra, yaa beti betilah XD

Toko Santri Coyudan, di toko ini saya suka beli dakron lembaran untuk slimut/ bedcover, juga busa ati untuk pet jilbab. Ada pula bahan jas hujan, kulit, dakron kiloan, karpet, wrap packaging, dll. Sekedar info, di toko Santri samping harmony sragen menjual beberapa kain kanvas motif yang kekinian itu meski baru 2 macam yang saya tahu,hehe

Oke, sepertinya itu dulu yang bisa saya sampaikan. Maaf belum sempet kasih foto yang mendukung :mrgreen: semoga membantu dan kalau ada yang tahu tempat lain yang menyenangkan boleh nih dibisikin, ahayyy XD

❤ cwh

