#Day 10. Eerie Morality

Kemarin, di beranda fesbuk lagi rame banget dukungan dari para komikus idola saya. Dukungan dengan tagar #temennyaEmbu bikin dunia perkomikan Indonesia sedikit terguncang.

Saya sudah tidak begitu mengikuti perkembangan komik namun nama nama disana masihlah orang yang saya tahu.

Usut punya usut, persoalan yang terjadi sebenarnya sepele, bermula dari Mba SRP yang mengkritik komik Mas KJ di suatu even setahun silam. Namun mas KJ menjawab kritikan itu dengan cara yang amat sangat tidak gentle.

Mas KJ adalah komikus yang lebih dulu saya adore style gambarnya lewat komik AKD, lalu mba SRP yang saya adore belakangan karena life sketchingnya.

Tetapi melihat apa yang dilakukan Manusia KJ pada Mba SRP pasti siapapun yang punya nurani akan jengah. Apalagi setelah tanpa sengaja saya melihat wujud balasannya, astaghfirullah.. mau muntab rasanya.

Maaf, itu adalah cara paling bobrok yang bisa dilakukan oleh manusia bermental bobrok.

Alhamdulillah, ternyata Mas KJ telah menyampaikan permintaan maaf secara resmi di laman pribadinya, semoga tidak terulang lagi oleh siapapun ke depannya. Aamiin

Source: pictart app

Kebebasan berekspresi yang keblabasan, tersering bermain dalam ranah abu abu cenderung hitam, tak lagi bisa melihat batas. Semacam hilang kesadaran.

Mas KJ, talentamu itu bukan tanpa maksud Alloh karuniakan kepadamu. Dan lihatlah apa yang kamu wariskan kepada mereka pengagummu, mereka membela buta dirimu, logika di atas moral. Itukah yang membuatmu bangga?

Kengerian itu adalah zaman ini, di saat kita temui orang orang fasiq lagi kafir secara nyata, tak lagi ada dalam cerita.

Akhir zaman

Semoga kita termasuk golongan yang selamat

❤ cwh

Advertisements